RSS Feed

Forgiveness

January 16, 2017 by silly

the-power-of-forgiveness

Siapa yang belum pernah terluka? Siapa yang belum pernah merasa marah pada orang lain? Tidak ada! Semua orang pernah mengalami sakit hati dan terluka. Terkadang yang membuat kita terluka justru orang terdekat kita yang kita sayang, atau sahabat kita, saudara kita, orang-orang terdekat kita.

Obatnya cuma satu. Minta maaf dan Memaafkan.

Saya juga pernah terluka, pernah salah pada diri sendiri karna bodoh, dan pernah salah pada orang lain. Tapi menghabiskan hidup menangisi luka saya, menyalahkan diri saya sendiri karna berbuat bodoh dan menyalahkan oranglain tanpa mau mengaku salah adalah hal terbodoh yang akan membuat saya semakin terpuruk.

So I decided to forgive.. Forgive my self for being stupid, and forgive others who hurt me

forgiveness-2000x1677_c

Memaafkan itu satu hal yang tidak mudah bagi sebagian orang, palagi jika kejadian itu meninggalkan luka yang dalam bagi kita dan si pelaku tidak merasa perlu untuk meminta maaf karena tidak merasa melakukan kesalahan apapun.

Sifat dasar manusia adalah balas dendam. Manusia baru bisa memaafkan jika amarahnya sudah tersalurkan. Marah selalu menuntut pembalasan, dan selama pembalasan itu belum terlaksana, seringkali orang tidak bisa mengendalikan diri mereka untuk tidak melampiaskan pembalasan dendam mereka dalam bentuk tindakan yang terkadang malah merugikan diri sendiri.

Menyimpan dendam dan amarah itu menghabiskan energy. Terkadang terlalu sulit untuk melupakan semua sakit hati kita, menyimpannya erat-erat tanpa sadar bahwa akan semakin menyakitkan kita ketika kita menyimpan semua sakit hati kita, ketimbang membiarkannya pergi… Let it go…

Let Go

Terkadang kita membiarkan diri kita dikuasai oleh amarah, yang kemudian berakar dan menguasai seluruh hidup kita, membuat kita jadi kehilangan akal sehat. Kita membiarkan luka batin itu mengakar cukup dalam, sangat dalam, tanpa keinginan untuk “sembuh” dari luka batin itu sendiri.

Kadang kita tidak ikhlas memaafkan orang lain karena berfikir, “Enak bener dia, bikin salah seenaknya, trus minta dimaafin pulak… enak di dia, gak enak di gue”. 

Lalu kita mulai memikirkan gimana caranya membalaskan dendam kita, supaya orang yang menyakiti kita juga merasakan hal yang sama. Dan berakhir dengan kebodohan yang akhirnya merugikan diri kita sendiri.

forgive_and_forget_by_fyi_sus-d3dad_zps93ca46a4

Padahal sebetulnya, memaafkan adalah HADIAH  bagi diri kita sendiri, tidak perduli apakah orang lain meminta maaf atau tidak. Dengan memaafkan, kita lah yang akan merasa lebih baik dan secara perlahan rasa sakit hati karena kesalahan orang lain tersebut akan sembuh. Kedamaian dan ketenangan hati menjadi milik kita seutuhnya.

Forgiveness (2)

Been there, done that…

I’ve been hurt as well, and it left a very deep scar in my heart. Rasanya sampai matipun, kalau saya belum melihat dia menderita, saya tidak akan pernah memaafkan kesalahan orang tersebut.

Namun yang terjadi adalah, saya makin tersiksa dengan rasa marah saya. Semakin sering saya melihat orang tersebut semakin besar rasa marah dalam diri saya. Saya jadi tidak tenang dan selalu ingin tahu apakah kehidupan orang yang membuat saya marah itu sudah  menderita atau belum.

healing

Rasa marah saya membuat hidup saya menjadi tidak tenang dan batin saya tidak sejahtera, tidur tidak nyenyak, makan pun tak enak, dalam pikiran saya isinya cuma sakit hati saya, kecurigaan saya, keinginan saya untuk melihat musuh saya menderita, kalau perlu lebih menderita dari saya, padahal musuh saya mungkin saja sudah tertidur pulas disana.

Sampai kemudian saya belajar memaafkan, and learn to let it go… Let it ALL go

I did it NOT for others, but for my self, to heal my self from the inside…

forgiveness

And I’m Healed!… I’m Happy… and I’m still Alive! And can do many things to share the happiness to others…

Kenikmatan hidup ternyata justru saya dapatkan ketika saya belajar memaafkan dan belajar berbagi kebahagiaan.

So… Saran saya, don’t ever let your anger take control of your life.

Be the master of your self.

Jangan sia-siakan hidup hanya dengan menjadi pendengki dan pendendam, karena kenikmatan hidup tidak akan pernah dimiliki oleh orang yang hatinya diselimuti oleh perasaan benci dan dendam.

imageQuotess-relationships-forgiveness-Quotes

Bukankah semua orang ingin memiliki kenikmatan hidup?…  Maka jadilah pemaaf, bukan untuk orang lain, tetapi untuk diri kita sendiri.

Memaafkan orang itu indah… Feel good, by doing good things.. 😊

Selamat menikmati hidup dengan memafkan semua orang yang bersalah kepada anda..❤️

IMG_20160310_101748

Share This:


No Comments »

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *