RSS Feed

JELAJAH ENERGI CIREBON

August 3, 2017 by silly

Perjalanan saya kali ini lain dari biasanya. Kalau kemaren2 saya keluar kota karna ada anak sakit yang harus direscue, atau survey apakah kami perlu buka rumah singgah buat anak-anak sakit di daerah itu, atau mutusin rumah mana yang cocok untuk kami sewa buat buka cabang RHI baru di daerah tersebut.

IMG_9870

Kali ini berbeda.. saya dan beberapa teman blogger diundang untuk touring mengunjungi tempat pengeboran minyak PT Pertamina di Cirebon, dan melihat langsung tempat pengolahan bahan bakar menjadi pertamax dan pertamax turbo yang biasa kita pakai, supaya kita jadi lebih ngerti kalo energi di negri kita itu mahal, nyarinya susah dan gak mudah, dengan begitu kita jadi lebih sadar untuk menghemat energi. 

Anyway… Pas baca rundown nya, sempat kaget… Waaahhh, ini seriusan? Ke Pertamina Balongan? 

Ya ampun… ini mah kayak napak tilas buat aku, secara, tahun 1994/1995 saya pernah KKP ke Pertamina Balongan, which means 23 years ago! (Ups, ketahuan deh angkatannya, hahaha, thn segitu kalian jangan-jangan malah ada yang baru belajar jalan yak ).

Walaupun malu tiada tara, tapi demi mengenang “DE JA VU” kali ini, saya postingin foto jadul thn 1994/1995 pas kunjungan ke Pertamina Balongan yah. Pleaseee janji jgn ketawain yah.. awas klo ketawa! ️

IMG_0073

IMG_0072

IMG_0074

IMG_0075

Perjalan kali ini juga merupakan perjalanan pertama saya naik kereta api jarak jauh. Seriusan!… Dulu saya punya pengalaman buruk waktu naik KRL Jabodetabek jaman masih kuliah di UI, Depok, jadi saya ga pernah berani nyobain naik kereta sendirian.

Ternyata naik kereta itu enak banget.. kami naik Kereta Api Eksekutif Argo Muria. Keretanya bersih, toiletnya bersih, kursinya nyaman banget, ruang kakinya lega, bisa 3x dr legspace di pesawat, saking leganya, kakiku aja ga nyampe ke injakannya… Trus ada colokan listrik pula, jadi yg lupa ngecharge hp ga usah khawatir mati gaya karna lowbatt.IMG_9775

IMG_9777

Bpk. Adiatma Sardjito, VP Corporate Communication Pertamina

Sepanjang perjalanan saya sangat menikmati indahnya pemandangan hijau yang ga mungkin saya lihat klo naik pesawat.. (Yaiyalahhh!… nurut ngana? :)) )

Perjalanan kami tempuh sekitar 2jam 30 menit. Tiba di Cirebon jam 10 pagi tapi panasnya dah brasa kayak jam 12 siang. 

Seems like hell is giving a free trial

Dari stasiun kita langsung menuju Pertamina EP Asset 3, yang terletak di Jatibarang, Indramayu. Ini salah satu anak perusahaan Pertamina yg bekerja mengeksplorasi minyak mentah dari dalam perut bumi untuk kemudian dikirim ke RU VI (Refinery Unit nya pertamina di Balongan), untuk diolah menjadi pertamax, pertamax turbo dan sebagainya. 

IMG_9853

Indonesia ini buminya kaya banget yah… Menurut Pak Adiatma Sardjito (VP Corporate Communication PT Pertamina), setiap hari Pertamina EP Asset 3 Jabar ini bisa memproduksi kurang lebih sekitar 10.000 barrel perhari. Seluruh Indonesia sekitar 600.000 barrel perhari. Dan ternyata produksi di pengeboran minyak darat dan laut itu hasilnya beda banget, kalau di darat 10.000 barrel, di laut bisa 10x lipat. Untuk ngedapetin 1 sumur produktif aja gak mudah, dan sudah pasti gak murah. Dan belum tentu dapat minyak. Dari 20 sumur, kemungkinan cuma 1 yang menghasilkan.

IMG_9862

Belum lagi melihat pekerja-pekerja rig yang 24 jam bekerja secara shift, per 8 jam, tanpa henti. Kami menyaksikan sendiri bagaimana beratnya bekerja terutama di zona bahaya seperti itu. Bahkan menurut pak Adiatma, saat Idul fitri, pekerjaan di rig hanya terhenti saat sholat Ied saja, lalu lanjut lagi.

IMG_9856

Kemarin kami beruntung sekali diijinkan masuk ke field pengeboran minyak, dan menyaksikan langsung bagaimana proses pengeboran minyak itu sendiri. Udara yang panas menyengat, membuat kepala saya sedikit sakit. Wajar saja kalau pekerja-pekerja ini mendapat kompensasi kerja yang lebih baik.

Untuk masuk ke field ini juga harus melalui SOP Safety Regulation yang ketat. Sebelum masuk ke divisi manapun, Safety Instruction wajib diberikan baik di zona aman sekalipun. Tujuannya supaya siapapun yang masuk ke area Pertamina, bisa terjaga keselamatannya, “Zero Accident” menjadi tujuan utama pertamina.

IMG_9814

Kita juga dibekali APD (Alat Pelindung Diri) yang terdiri dari Safety Shoes, Safety wearpack, dan Safety Helmet. Pake wearpack ini lagi mengingatkan saya pada 23 tahun yang lalu saat kunjungan ke site ini (mulai lagi deh, jebakan umur, lol).

IMG_9843

Satu hal yang saya pelajari disini, sekalian sharing yah.

Yang namanya energi bumi seperti minyak dan gas, itu gak bisa diperbaharui, sementara minyak dan gas bumi ini merupakan sumber daya alam yang sangat kita butuhkan. Kalau kita tidak pandai-pandai menghemat energy, satu saat akan habis.

Minyak bumi itu gak murah, biaya untuk membangun satu kilang minyak butuh dana sekitar 15 Juta Dollar AS. sehingga minyak yang dihasilkan juga tidak murah, harganya disesuaikan dengan kualitas bahan bakar yang di hasilkan. Saya sendiri baru tahu kalau bahan bakar itu dilihat dari nilai oktan nya.

Kebutuhan minyak di Indonesia perhari sekitar 1,6 Juta barrel, sementara kapasitas produksi kita hanya 1 juta, jadi sebagian besar lagi di Import dari Sigapore.

IMG_9852

Sebagai awam, saya sering memilih premium ketimbang pertamax, padahal ternyata, bahan bakar yang oktannya lebih tinggi, performanya lebih baik, dan lebih irit, sehingga kalau dipikir-pikir, justru lebih ngirit pakai pertamax untuk ukuran mesin mobil saya ketimbang premium yang kadang “nglitik” klo kata mas-mas sebelah saya.

Anyway… perjalanan ke Pertamina Balongan ini merupakan napak tilas lagi buat saya, dan kesempatan untuk belajar banyak hal, belajar menghargai bumi dan sumber daya alamnya, belajar bijak dengan tidak boros energi, dan mengucap syukur masih bisa punya waktu jalan-jalan dengan sahabat-sahabat baru, dan menikmati indahnya eksotisme alam mangrove dipesisir pantai Karangsong.

IMG_9886

Penasaran seperti apa serunya? Nanti yah, saya cerita lagi… Yuk, ngopi-ngopi cantik dulu..

Share This:


1 Comment »

  1. Dewi Rieka says:

    Alhamdulillah senang banget bisa ikutan acara ini, akhirnya ketemu mba mieke yang cantikk..sehat selalu mba..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *