RSS Feed

Rumah Harapan Valencia Care Foundation

August 26, 2014 by silly

A Home for Hope

Dear Sahabat Terkasih, Pertama-tama, karena saya yakin tidak semua orang mengenal saya, maka ijinkan saya memperkenalkan diri dulu.

Nama saya Valencia Mieke Randa. Saya bukanlah siapa-siapa, hanya seorang perempuan biasa yang terpanggil untuk melakukan apapun juga untuk bisa membantu orang-orang yang mungkin tidak seberuntung saya. Ketika saya memutuskan untuk brhenti bekerja secara formal, misi saya hanya satu: Membuat sisa hidup saya ini berharga buat sesama dan Tuhan.

This is my call… dan panggilan hati inilah yang kemudian mendorong saya untuk membentuk komunitas-komunitas yang bertujuan mengajak semua orang untuk sama-sama bergandengan tangan membantu siapapun yang membutuhkan uluran tangan, sesuai dengan passion masing2, karena pada dasarnya, semua orang rindu untuk berbuat baik,…

To feel good by doing good things.

Saya yakin dan percaya, setiap kita pasti rindu untuk berbuat baik, tapi kadang gak tau caranya, dan gak tau harus mulai dari mana. Untuk mewujudkan misi “feel good by doing good things” buat semua orang ini, saya dan teman-teman kemudian mendirikan beberapa komunitas sosial, diantaranya:

  • Blood For Life Indonesia : @Blood4LifeID (yang focus bantu kebutuhan donor darah),
  • 3Little Angels Movement : @3_Little_Angels (yang focus membantu anak-anak sakit dari keluarga kurang mampu),
  • BFL Action : @BFLAct (Aksi Cepat Tanggap relawan bantu korban bencana) dan 
  • LittleStep Movement : @LittleStep_BFL (yang focus membantu anak2 jalanan dan panti2 asuhan yg kurang mendapat bantuan).

 

Tahun ini saya dan teman-teman mendirikan Valencia Care Foundation, Yayasan (Sahabat) Valencia Peduli, yang kemudian menjadi payung dari semua gerakan-gerakan sosial yang sudah ada sebelumnya, dengan visi yang sama: membantu semakin banyak orang, dan menyalurkan kasih dari Sang Empunya kasih kepada semua yang membutuhkan.

 

Akta Notaris Valencia Care Foundation

IMG_5014

IMG_5011 IMG_5010

Salah satu misi Valencia Care Foundation adalah menjadi tempat bagi setiap hati yang ingin berbagi, dan menjadi rumah yang memberi harapan baru, bagi orangtua-orangtua yang hampir kehilangan harapan.

Rumah Harapan

Melalui posting ini,  ijinkan saya untuk memperkenalkan “Rumah Harapan”, Rumah singgah untuk anak-anak sakit terutama anak-anak Leukemia, yang datang dari daerah, dan belum dapat ditampung di RS karena kapasitas RS yang terbatas.

Rumah Harapan Valencia Care Foundation

JL. TEBET TIMUR II B no. 1 Tebet, Jakarta Selatan 12870

 

Rumah singgah ini sebenarnya sudah menjadi mimpi saya sejak tahun 2012, saat itu secara rutin saya berkunjung ke bangsal anak RSCM, bersama kakak-kakak #3LittleAngels, mengunjungi anak-anak yang sakit disana, entah sekedar bercerita, membacakan buku, atau bermain bersama. Juga menguatkan orangtua mereka, supaya mereka tidak kehilangan harapan… bahwa ada Tuhan yang selalu menjawab doa mereka.

Saat berkunjung inilah saya sering sekali bertemu dengan orang-orang yang duduk pasrah di selasar-selasar rumah sakit, dengan raut muka lelah dan sedih, tidak tahu harus berbuat apa. Saat saya tanya, dengan berlinang air mata mereka bercerita, kalau mereka datang dari daerah, dan hanya bawa surat rujukan dari puskesmas.

Dengan pengetahuan yang terbatas, dan dana yang terbatas, mereka berangkat ke jakarta, dengan harapan tiba di jakarta mereka langsung bisa dirawat di RS..

 

“Kami gak punya uang buat pulang lagi bu, motornya dijual niatnya buat berobat dede… klo sekarang pulang dulu, biaya dede, malah abis buat transport pulang pergi ke kampug doang… dedenya malah gak diobatin..”

 

Saya sedih dan gak pernah tahan mendengar keluhan seperti ini… “Ya Tuhannn… What IF… I were them?”, mungkin saya akan sperti mereka, hanya bisa menangis dan menangis… :(((

 

IMG00763-20111111-1227 IMG-20120627-01989

Dalam segala keterbatasan, saya berdoa:

“Tuhan, jika diberi keleluasan rejeki, saya pengen bikin rumah untuk menampung mereka, rumah dimana mereka bisa beristirahat dengan nyaman untuk sementara, tanpa pusing mikirin duit dari mana untuk makan dan bayar biaya penginapan lagi. Biarkan mereka menjaga dan merawat anak mereka dengan nyaman, sampai mereka mendapat tempat di RS”.

Awal tahun 2014 ini, dengan bermodal tekat yg kuat, saya memberanikan diri menyewa sebuah rumah di jalan TEBET TIMUR II B no.1. Rumah ini luasnya sekitar 860 m2, 2 lantai, dengan jumlah kamar ada 9 kamar, sewanya pertahun 100 juta.

Saya gak punya uang  yang cukup banyak untuk ini, karna saya juga bukan orang kaya, meski Tuhan memberi saya berkat-berkat berlebih. Tapi untuk menyewa sebuah rumah seharga 100 juta dengan biaya operational: gaji karyawan, suster dan admin, listrik, air, telp, makan pasien dan orangtua, kebutuhan obat-obatan penunjang dan sehari-hari mereka, dsb, yang mungkin akan mencapai 300 juta pertahun, rasanya akan membutuhkan kolaborasi kita bersama, apapun bentuknya.

Tapi karena tekad untuk menolong sudah kuat sekali, dan saya percaya setiap niat baik selalu dibukain jalan sama Yang Maha Kuasa, maka dengan modal 1 (satu) juta rupiah sebagai DP, saya mulai membangun mimpi untuk mewujudkan Rumah Harapan ini.

Sekarang Alhamdulillah puji Tuhan Rumah Harapan sudah lunas untuk setahun. Untuk tahun-tahun berikutnya, kita carikan sama-sama dananya yuk :).

 

KONSEP RUMAH HARAPAN

Rumah Harapan Yayasan (Sahabat) Valencia Peduli ini ada 2 lantai:

  1. Lantai 2 : akan diperuntukkan untuk menampung sementara pasien-pasien anak dari daerah yang sakit keras, terutama leukemia, yang belum dapat tempat di RS. Kapasitas +/- sekitar 36 tempat tidur. Pasien hanya akan membayar Rp 5000,- diawal untuk administrasi.
  2. Lantai 1 : akan diperuntukkan untuk komunitas-komunitas sosial yang ingin bergabung bersama, bersinergy dan berkolaborasi melakukan kegiatan sosial, untuk Indonesia yang lebih kuat dan sejahtera.

Visi Misi

 

PROGRAM-PROGRAM

Akan ada banyak sekali program-program yang akan kita kerjakan bersama-sama di Rumah Harapan, tapi supaya tidak terlalu panjang posting ini, saya kasih garis besar rencana program jangka pendeknya aja dulu yah.

Minggu I:

Kami ingin agar semangat melayani terus terbakar dalam jiwa anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas-komunitas sosial yang ada, sehingga akan ada program-program yang membuat volunter-volunter tidak hanya nolongin orang saja, but they also get something from their movement. Setiap bulan kami akan memberikan kelas motivasi/inspirasi/pembekalan, untuk volunter-volunter.

Konsepnya mungkin akan sama seperti kelas Inspirasinya Pak Anies Baswedan, hanya saja kalau kelas inspirasi, muridnya nyebar, kalau ini, muridnya udah nunggu di satu tempat, gurunya tinggal datang kesitu..

Beberapa sahabat sudah sepakat untuk mengajar dikelas ini, antara lain Pak Anies sendiri, Pak Jamil Azzaini, dan sahabat-sahabat saya yang lain.

Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami mengajak semua Coach, motivator, Guru Besar, dsb, yang tergerak untuk memberikan kelas inspirasi bagi volunter yang tergabung di Valencia Care Foundation ini, kami akan amat sangat berterima kasih.

Minggu II:

Mengajak Volunter2 untuk bersama anak-anak jalanan diseputar rel kereta api tebet dan cawang, untuk bikin prakarya yang bisa dijual, supaya mereka tidak minta-minta dijalan

Minggu ke III:

Jualan hasil prakarya adik-adik di Car Free Day, atau via online, dan hasilnya kita kembalikan ke adik-adik sambil mengajarkan kepada mereka, bahwa mereka bisa menghasilkan uang jika mereka mau berusaha. Kita juga akan menawarkan kepada mereka untuk menyisihkan sebagian jika mereka mau, untuk adik-adik yang sedang dirawat diatas, supaya sejak kecil mereka sudah belajar, bahwa meskipun mereka berkekurangan, masih ada orang yang jauh lebih tidak beruntung dari mereka, dan mengajarkan mereka berbagi, membuat mereka bisa merasakan bahwa hidup mereka juga ternyata bisa berarti buat orang lain, meskipun mereka masih kecil. Dan perasaan nikmat saat berbagi ini insya Allah bisa tertanam dalam hati mereka sampai mereka besar.

Minggu ke IV:  Celebration of the month

Stiap akhir bulan kita akan sama-sama mensyukuri apa yang sudah kita sudah kerjakan selama sebulan, review program sekaligus mengajak anak-anak yang sakit untuk ikut bersukacita.

So… We’re welcoming companies, artists, public figure or shops to celebrate this life by sharing with kids in Rumah Harapan.

Misalnya:

  • “Masak bareng Chef Bara pattirarawane” –> *colek Chef Bara
  • “cupcake day with cupcakes company” –> *colek mbak Wynda
  • “Seru-seruan bareng D’masiv Band” –> *colek Ryan D’masiv
  • dsb.

Karena hanya ada 12 bulan dalam setahun, kami percaya pasti ada aja dalam sebulan yang mau ikut berbagi keceriaan dan syukur, bersama anak-anak di Rumah Harapan, baik yang sakit, maupun yang sehat.

Kami juga sadar, tidak mudah bagi kami menjalankan rumah ini, karena saat ini kami baru bisa melunasi sewa rumah singgah untuk 1 tahun, selebihnya kami masih menunggu kerjasama dengan semua pihak yang percaya bahwa keajaiban itu bisa terjadi, jika kita mau bergandengan tangan, untuk sesama.

Budget

Mari bersama mewujudkan Rumah Harapan ini, menghadirkan harapan bagi orang-orang yang hampir kehilangan harapan.

Untuk yang tergerak hatinya untuk ikut berpartisipasi membantu adik-adik yang akan kita bantu melalui Rumah Harapan, silahkan salurkan donasinya melalui :

Rekening Bersama, Donasi untuk Rumah Harapan Yayasan (Sahabat Valencia Peduli):

Bank BCA :
a/n Mayke Randa / Ferdian Kelana
Rek. No: 230 233 0213

Bank Mandiri :
a/n Mayke Randa / Ferdian Kelana
Rek. No.  166-00-0102292-0

PS: Rekening atas nama yayasan sedang dalam proses pengurusan.

 

Terima Kasih sekali lagi, semoga Tuhan melimpahkan rahmatnya untuk kita semua, supaya kita bisa terus berbagi dan terus menebar kasih kepada siapa saja yang membutuhkan uluran kasih dari Tuhan.

We are blessed… to be a blessing for others…

We are loved… to share LOVE for others…

Cause the beauty of life doesn’t only depend on how happy we are…  But how happy others can be because of… Us…

 

Warmest Regards,

Valencia Mieke Randa (@JustSilly)
Founder of @Blood4LifeID, @3_Little_Angles, @BFLAct, and
@LittleStep_BFL Movement

 

 

Share This:


33 Comments »

  1. agustono says:

    Sungguh pekerjaan mulia, semangat terus mba, saya siap juga membantu sekedarnya saat diberikan rejeki tambahan………..

  2. Thio says:

    Yang Kuasa Memberkati segala usaha dari Rumah Haraapan, Rumah Singgah, Valencia Care Foundation, Yayasan (Sahabat) Valencia Peduli.
    Insya…. ada kelebihan berkat, saya juga akan membantu.

  3. naysaa says:

    Semoga berkah ya mbak,mulia sekali hati mb,beruntungnya sy bisa mengenal mb :)keep inspiring ya mbak

  4. MONALISA says:

    maju terus ya kak,,,semua kebaikan akan menghasilkan kebaikan…peluk hangat untuk adik2 disana dan semua teman teman sukarelawan…

  5. Ika Saktian says:

    Semoga lancar selalu ya mba.. tidak terkendala apapun.. segala bentuk kebaikan akan selalu dimudahkan Allah, inshaallah.. semangat mba..

  6. […] sebagian rejeki yang kita miliki untuk mendukung kegiatan Rumah Harapan (klik link untuk tahu apa saja kebutuhan […]

  7. Blandina says:

    Bu Valencia…banyak berkat ya untuk semua kegiatan yang dilakukan.
    kalau boleh bergabung di komunitas bu Valencia bagaimana caranya ?
    Tuhan memberkati

    Terimakasih

  8. miya indra says:

    Saya difabal pemakai kursi roda tp mandiri,saya
    Mau gabung di rumah harapan yg punya mbak boleh.
    Saya punya cita2 unt teman2 yg difabel dimana sebagian
    Mereka kurang beruntung

  9. sylvia says:

    saya sangat terharu, sangat mulia hati mba,,,,
    sudah lama juga saya punya keinginan seperti mbA, tapi belum kesampaian,, BANYAK HAL YG MASIH DIPIKIRKAN

    dengan membaca semangat dan ketulusan hati mba, SAYA AKAN COBA MEMBUKa di daERAH SAYA TINGGAL, BANTU SHARE YA MBA.

    GBU ,
    SYLVIA

  10. […] Rumah Harapan adalah tempat singgah anak-anak sakit yang berasal dari luar Jakarta. Bukan seperti Panti Asuhan ya, penghuni Rumah Harapan (akun twitter @RumahHarapanVCF) datang dan pergi, karena ada saat mereka kembali ke kampungnya ketika pengobatan sudah selesai. Pendiri Rumah Harapan, Mbak Silly (akun Twitter @justsilly), juga hadir di acara One Pillow One Hope untuk berbagi cerita tentang Rumah Harapan dari Valencia Care Foundation. Di acara tersebut Mbak Silly menyampaikan latar belakang dan suka-dukanya saat membangun Rumah Harapan. Cerita lengkap ada disini. […]

1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *